Bro sekalian, kita semua tau bahwa honda telah meluncurkan ketiga motor barunya (keempat sebentar lagi jika diikuti dengan Supra X 150) dengan mesin yang identik. Mesin DOHC overstroke yang diklaim sebagai generasi juara karena…DOHC nya? Keiritannya?? Yah entahlah, pabrikan boleh menyebutkan kata apa aja buat promosi
Bagaimana jika dibandingkan lawannya yang masih SOHC, yaitu MX King, Vixion, dan R15. Apakah mesin terbaru honda itu lebih unggul? Berdasarkan data yang ada sih, memang power yang dihasilkan oleh mesin generasi terbaru mempunyai power yang sedikit lebih besar jika dibandingkan mesin minarelli ini. Tetapi untuk mengatakan lebih unggul?? Hmm, nanti dulu… Berikut LMB paparkan beberapa keuntungan memilih mesin minarelli dibandingkan dengan mesin honda generasi terbaru
1. Kompresi lebih rendah, lebih aman untuk diminumin premium
Yak, ini berdasarkan pengalaman LMB sendiri sewaktu dulu menggunakan vixion. Kompresinya hanyalah 10.4:1 yang menjadikannya lebih toleran lah, jika diminumin premium. Performa ketika diminumi premium juga tidak terlalu terkebiri, top speed turun sedikit, tapi aksel justru terasa sedikit lebih enak (lho?). Berbeda dengan mesin DOHC dari honda yang terbaru ini. Dengan kompresi hingga 11.3:1, tentunya akan sangat berasa kemampuannya menurun jika diminumin premium. LMB juga pernah karena terpaksa (di jalan kehabisan bensin) minumin risoles yang kompresinya mirip-mirip pake premium dan jadi benar-benar nggak enak banget larinya
2. Keberadaan sparepart jauh lebih melimpah
Mau modif performa? dari ECU sampai kampas kopling pun aftermarket jauh lebih mudah untuk dicari. Maklum mesin jenis ini udah mulai malang melintang dari tahun 2007. Oprek mesin injeksi yang benar-benar susah di jaman dulu gara-gara keberadaan ECU aftermarket yang minim dan juga mahal. Sekarang?? sebut aja BRT, Daytona, Iquteche, dan masih banyak lainnya sudah mengeluarkan untuk mesin jenis ini. Harganya pun lumayan terjangkau. Begitu juga Blok mesin after market. Jika mau bore up, berbagai pilihan blok mesin tersedia, mulai dari yang harganya murah meriah, hingga jutaan. Yah, mesin ini memang menjadi primadona bagi mereka yang suka oprek performa. Lalu dibandingkan dengan mesin Honda terbaru gimana? Wah boro-boro, mesin juga baru aja keluar. Belum lagi nanti kalo honda berencana ganti mesin lagi dalam 2-3 tahun (Mosok sih??)… Lha siapa yang tau kan ya? lha mesin K45 yang baru berumur 2 tahun aja dipensiunkan). Intinya mesin minarelli ini lebih upgradeable daripada mesin honda terbaru
3. Biaya Modif mesin lebih murah
Ya jelas donk lebih murah. Diambil simpelnya aja, noken as mesin minarelli cuma sebiji. Mau oprek ganti noken as ya belinya cukup sebiji. Lha mesin sebelah pake DOHC, jelas kalo mau oprek noken as kudu beli 2 biji. Belum lagi ketersediaan sparepart modif mesin yang masih sedikit. Penjual salah satu merk pun bisa memonopoli harga karena ga punya pesaing
4. Dukungan aftersales (penjualan sparepart) yamaha yang lebih baik dibandingkan Honda
Ga usah muluk-muluk deh, coba aja buka web Yamaha terkait part katalog terus habis itu cari part katalog di website honda. Bagaikan bumi dan langit mas bro 😆
5. Performa ga beda jauh
Oke lah, harus diakui, performa mesin terbaru honda memang lebih unggul dibandingkan mesin minarelli. Tapi… ya cuma seiprit…yap…seiprit
Kecuali jika performa mesin honda ini lebih unggul selisih sampe 2-3 Hp dan torsi lebih tinggi 1-2 Nm, anggaplah poin nomer 1-4 tadi hangus. Wajar lah ya… Lha mesin terbaru ini cuma unggul 0,… hp, limiternya pun bengek di sekitar 10.500 an…sensasi apa yang mau dicari?? ga ada
Jadi…. Tak salah jika aku pilih R15 😁😁😁
Setuju banget 😀
tulisannya agak sedikit subjektif tapi saya setuju hehehe
Pokok.e dohc. Hhe
Wih fby berkibar 😀 .. Kali ini setuju sama fby ini . mesin cbr all new ini agak lucu untuk di katain dohc . katanya sih dohc tp piston overstroke . ya yg kerasan sohc lah ..
bedo gur sak pucuk sendok…
kobong kobong.. lha limiter kok cendek.. ilang cbr e 😆
cadas nih artikel nyentil abis! wakakakak…..
Matep ki suhu
https://dslazer.wordpress.com/2016/03/03/sudah-waktunya-knalpot-handmade-purbalingga-bikin-merk-sendiri/#more-1068
==============================
Harusnya namanya bukan CBR 150 R
Tapi VERZA 150 RR……
hahhhhhh….jd gregetan ama AHM nih…
==============================
Mantap artikelnya
pengalaman saya dgn mesin minarelli malah tdk memuaskan, pernah melihara jupiter MX padahal kilometer masih ga sampe 60rb tapi sudah tergores tuh dyasil nya, jauh lebih kuat silinder konvensional Honda(kirana) dan kawasaki Zx di rumah yg benar2 kuat kuat mirip badak..
kemudian utk gen NewVixion yg dah kliatan payah ya downgrade ring pistonnya, masak blm 20rb kilometer ujung knalpot basah oli, mirip motor alfa 2tak..hadeeh..
pantesan bro motogokil.com dijual dah tuh NVL nya..
sorry pengalaman pribadi nih, mgkn temen2 lainnya ga mengalami semua, tp yg pasti banyak yg dah merasakan pahitnya minarelli ala yamaha..
so good bye minarelli, saya akan tetep pelihara mesin standar saya, yaitu dohc overbore dan superKips..
peace..
mantep ulasannya,btw heran sama AHM modal nya DOHC,6 speed tp kok tenaga segitu2 aja ya? N spek near square nya terkesan mesin k45 dulu udah mentok gabisa di apa2in. Hore ga salah ane pilih r15 hehehe
sohc lebih stabil, karena memiliki 1 noken as, antara klep masuk dan keluar
Sepakat…. tapi marketing ahm jor2an, menang merangkul banyak blogger, hehehe 😀