Artikel ini menanggapi banyaknya blogger-blogger yang bahas penurunan tenaga satria FU yang cukup signifikan, dari 16 hp jadi 11,5 hp. Hahaha, ane sih mesam mesem aja bacanya. Lha soalnya ane sendiri udah pernah coba semua kog, satria FU cbu, satria FU ckd batok lama, n satria FU baru.
Dari pengalaman yang ane coba sih, emang satria FU yang CBU tarikannya lebih superior (belum sampe top speed). Nah kalo soal FU ckd yang lama sama FU yang baru, kebetulan dulu di tempat tukang stiker langganan ane, pemiliknya punya satria FU baru, n pegawainya punya satria FU ckd yang batok lama . Ane sendiri udah pernah nyoba tes 2-2nya. . . hmm, feelingnya sama aja kog menurut ane. 2-2nya udah di open filter, n minum premium. Feeling emang sama, tapi pembacaan speedo kerasa beda. Entah kenapa di satria FU yang batok mekar, di kecepatan 110 feelingnya udah kenceng, sedangkan di batok yang lama, 110 kog ga kerasa kenceng ya. . . hihihi, unik emang tapi mungkin inilah alasan kenapa kog pemilik satria FU yang baru terkadang mengeluhkan top speednya hanya di kisaran 125-130 km/jam.
Melencengnya keakuratan speedometer di satria FU yang lama emang cukup tinggi. dari saft7.com, melencengnya ampe kisaran 17%. ckckck. tapi ane ga yakin kalo yang baru melencengnya sampe segitu jauh. kenapa? ane sendiri pernah jejerin satria FU yang baru, n nyoba ngepasin keakuratan speedonya sama vixion ane. keakuratannya ternyata hampir mirip sama vixion. sedangkan di vixion ane udah ane tes pake gps aplikasi sport tracker, sekitar 8-10% aja (bukan pake aplikasi gps bawaan nokia yang abal-abal ya ). Mas taufik juga uda pernah ngetes pake gps garmin, di vixionnya melenceng 8% aja dari gps nya 😀
Hmm kata si pemilik kedua FU itu, pernah sama-sama diadu. . . dan hasilnya satria Fu baru yang unggul. N waktu habis balapan saling tanya tadi sampe berapa top speednya. yang CKD batok lama ngaku speednya udah 145 an, tapi si pemilik bilang kalo FU barunya hanya nyampe 138 km/jam kecepatannya
Jadi menurut ane sih kurang pas juga kalo dibilang FU yang baru dikebiri tenaganya. Kalo dilihat dari balapan ternyata FU ckd lama unggul, toh jangan cuma dilihat dari 1 kasus aja. Bisa aja itu faktor joki, ataupun gimana perawatan motor dan cara in rayen, jelas sangat berpengaruh buat performa motor.
Sekedar saran aja buat suzuki nih, mending itu data di websitenya diperbaiki deh segera. Daripada menimbulkan kesimpangsiuran. Masak FU kog berpendingin udara, macam mana pula ini. Kekekeke. Suzuki emang pabrikan yang unik sih. Thunder 125 ganti mesin tapi ga ganti baju, spesifikasi udah tau salah ketik n bisa menjatuhkan nama produknya sendiri malah ga diganti-ganti. Kapan mau maju, Suzuki?
ngapusi,,tapi emang kencengan yang masih thailand ( sering ngedrag gan,,walo cuma liat )
melu mblayuuuuuuuu lenggag kangkung to yen ono garukan?
yoa, soalnya tanpa electric starter 😀
kalo sekarang satria FU yang baru di thailand juga pake electric starter, masih kenceng ga ya
fu batok mekar masih kenceng kok gak mungkin kalo cuma 11 hp… Wong bisa nyalip tiger,NMP, MX,CS1,vixion di trek lurus
yoa 😀
pernyataan mu ono sing kleru cah!
* jadi begini maksud yg di spesifikasi berpendingin udara , itu udah benar! lha yg mendapatkan pendinginan yg paling utama itu ya cylinder block nah di FU serries dan family nya terpasang sirip / fin ya itu namanya air cooled (pendingin udara)
*bilamana ada saluran oli di sekitar cyilinder block itu bukan pendinginan utama, melaikan kecerdikan enginer suzuki merancang nya! untuk memaksimalkan sirkulasi pendinginan oli dan menjaga suhu di sekitar cyil block
*lalu gimana dengan keberadaan ol cooler di depan engine? yups seperti diketahui kegunaan oil cooler ya untuk mendingin kan oli , bukan mendinginkan mesin secara langsung! pendinginan oli akan sangat signifikan terutama di sistem transmission & cluth! meminimalisasi selip booo!
aghehehehe piye dab ❓ ojo ngeyel *ini penjelasan dari petinggi suzuki sewaktu aku kuliah dulu di suzukigadjahmada 😎
ooo gitu, manggut2
OH BERARTI SATRIA FU YG BARU LEBIH KENCENG DARI FU YG CKD KEPALA KECIL YAH BRO.
Tergantung joki dan perawatan motornya, ane ga bilang yang baru lebih kenceng, tenaganya hampir sama kok 😀
mw tnya ni bro knpa ya satria saya swrany ko kemricik bngng q q yg ngmg sim noken ad yg blg klepnya sbnrya yg mn sh bro yg bner mhon bntuanya
tlong zmz ke no saya aj 085731653255
satria gw unggul ampe 147…..km/j* bilamana ada saluran oli di sekitar cyilinder block itu bukan pendinginan utama, melaikan kecerdikan enginer suzuki merancang nya! untuk memaksimalkan sirkulasi pendinginan oli dan menjaga suhu di sekitar cyil block ……. aku stuju ma yang ini nih
suzuki untuk masa sekarang seperti mati segan hidup tak mau…tunggu aja gebrakan nya taun depan,katanya RnD dr Thai dah pindah kesini,,,suzuki bakalan menggeliat kembali….(ngarep mode on)
semoga sajaa. . . asal jangan rnd nya disini cuma buat motor2 bagus, habis itu motornya buat negara lain n ga diproduksi disini -_-
Sa Ef memang pendingin udara om
soal oil cooler, udah dijelasin ama om WarDOHC 🙂 yang memang udah menjalani pelatihan sebagai mekanik Suzuki
Pa bner??tpi sring coba drag 200m..tu k’banyakan menang iang baru dri pda iang lama..q uga punya satria ,,tpi dahc Q body drag..+sya uga joki cilik gan,,hehehehehe,,mlah jdi sombong