Test Ride cs1, rasa penasaran pun terobati :D


Jujur, ini motor yang paling bikin ane penasaran dari dulu. Motor yang katanya performanya ajaib, tak kalah juga bentuknya pun ajaib :mrgreen:

Udah lama semenjak motor ini keluar, di jalanan kebanyakan yang make kalem-kalem. . . rasa penasaran terhadap putaran atas yang katanya beringas itu pun semakin besar. Apalagi kata matius, cs 1 nya bisa ngalahin ninja,Β Β  lupakan πŸ˜†

beruntung di kelompok kkn ane ternyata ada yang punya ini motor, sebut saja si C :mrgreen:

Si C ini sewaktu ngomongin cs1 nya, selalu bercerita dengan menggebu-gebu (agak lebay dikit, sorry yo :mrgreen: )
pokoke joss lah… kalo naik ini sampe kena limiter terus katanya… wah bikin ane makin penasaran nih, kencengan mana ama pikson ya πŸ˜€

CS1 milik temen ane ini cukup terawat, ban belakang dan depan sudah mengalami pergantian, yang belakang ukuran 90/80 17 FDR genzi, yang depan ukuran 80/80 17 mizzle.

Sebenarnya jika mengukur keakuratan speedo menggunakan ban yang nggak standar (terutama ban depan, karena sensor speedo cs1 berada di situ) mungkin ke-valid-annya sedikit berkurang, tapi ya ga papa lah, toh ukuran ban juga ga terlalu berbeda jauh, tercatat ban bawaan cs1 berukuran 70/90 untuk bagian depan, berarti mempunyai tinggi 63 cm, sedangkan ban 80/80 mempunyai tinggi 64 cm, tidak terpaut terlalu jauh



Speedo cs1 ini, banyak dikatakan oleh komentator memiliki speedo yang akurat bahkan lebih akurat dari pulsar, benarkah demikian? hahaha. . . Sayangnya alat untuk menguji keakuratan kali ini hanya berbekal aplikasi bawaan android yaitu speedview, karena ga sempet pinjem GPS yang dulu dipakai untuk melakukan tes NMP. Tapi keakurasian aplikasi ini ane rasa cukup baik, berbekal pernah nyoba di motor-motor sebelumnya termasuk vixion ane juga πŸ˜€

Bahan bakar dari cs1 ini adalah pertamax, sang pemilik cukup jeli dan sayang motor, mengingat memang dari segi kompresi yang mencapai 10,2 10,7:1, sudah seharusnya ini motor nenggak pertamax πŸ˜€

Impresi saat pertama kali naik ini motor, weh…posisi ridingnya mirip kayak naik bebek, ga ada kesan sportynya blas. . . nyalakan starter dan gas, vrom…suara mesin mulai menyalak merdu seiring dengan naiknya rpm. kelihatannya memang ini motor cukup bertenaga

Masukkan gigi satu, jalan cukup lenggang, coba tarik… waw, ternyata tarikan bawah ga selemot yang orang-orang bilang, hanya saja memang di rpm 6000 ke atas tenaga terasa lebih ngisi… sampe 11 ribu rpm shifting… gigi 1…gigi 2… sekitar 70 km/jam, gigi 3… mendekati 90… gigi 4 hingga 100 km/jam… wuuzz,, lumayan kencang mas bro, ga kerasa kalo ccnya cuma 125. . . sayangnya jalanan keburu habis…ya sudah mampir rumah dulu, charger hp buat siap-siap tes gps πŸ˜€

Setelah sholat maghrib, tes pun di lanjutkan. Kali ini pake safety gear dulu,Β  nyalakan gps, simpen di saku

Jalan sampai 60 km/jam. . .berhenti dan inilah yang tercatat

Selanjutnya di kecepatan 80 km/jam

lalu di kecepatan 100 km/jam

Jujur mas bro, lebih gampang buat motor ini untuk mencapai 100 km/jam dibandingkan dengan NMP. Waktu tes NMP, butuh beberapa kali untuk running karena memang waktu yang dibutuhkan mencapai 100 km/jam lebih lama, keburu ada motor di depan. . .

Setelah mencapai kecepatan 100 km/jam, rem dikit, ada tikungan. . .coba untuk nikung agak rebah, ya… not bad, walopun ga se enak vixion ato cbr…

Nah yang agak mengecewakan, entahlah, tadinya ane berpikir top speed dari motor ini bakal lebih dari 120. . .Β  ternyata setelah gigi 4 ane paksakan melaju sampai 105-106 km/jam, shifting ke gigi 5. . . kog overdrive ya. . . kecepatan di speedo serasa susah untuk naik, apa pengaruh berat badan ane πŸ™„

Kurang puas, akhirnya tes lagi. . . kali ini gigi 4 cuma sampai kecepatan 100 km/jam di rpm 10 ribuan, shifting ke gigi 5. . . oke tenaga nambah terus. . . hingga akhirnya mencapai kecepatan 115 km/jam di jarak +- 1 km, sepertinya masih bisa nambah, mungkin kalo bobot orang normal bisa tembus +- 125 km/jam

pada kecepatan 115 km/jam di gps tercatat segini

Sebagai perbandingan vixion ane di aplikasi gps ini baru tercatat 128 km/jam dengan jarak trek yang kurang lebih sama, di speedo koso 131 km/jam, pake premium πŸ˜†

Untuk penyimpangan speedo rata-rata dapat dihitung sebagai berikut

ga jauh beda ama NMP πŸ™„

Dibandingkan dengan vixion standar, ane susah untuk membandingkan, soalnya dah lama banget ga naek vixion standar. Mungkin tergantung ridernya juga. . .Β  di putaran bawah, vixion lebih unggul, tapi jika rider cs1 pintar untuk menggantung gas, sepertinya menandingi vixion bukan hal yang susah. Yang jelas ane ngerasain ini motor lebih kencang dari NMP yang dites sebelumnya πŸ˜€

63 thoughts on “Test Ride cs1, rasa penasaran pun terobati :D

      1. yanto

        bbmnya boros mas, pernah pinjem temen, usia setahunan lebih,
        konsumsinya masih iritan NMP. kalo saya bilang konsumsi bbmnya secara wajar bisa setara mio sporty lah, kalo betot gas malah lebih ngocor lagi,
        jangan lihat motor dari ccnya, itu klep CS lebih gede dari megapro, jadi boros deh kaya motor korekan

      2. kankkunk

        sekadar share aja, buat dipakai harian dalem kota sekitar 45 km per liter pertamax..main di tengah-tengah aja..kalo di pake betot-beton mepet 10 rb rpm cuma 40 an km per liter pertamax..borosss.. πŸ˜€

      3. joko

        itu kan pertamax, kalo bensin premium cuma dapet 1:30an bro, 1:35 dah untung,
        kalo pertamax terus tekor lah, wkwkwkwk..maklum
        motor kencang boros itu sih biasa..
        motor kencang irit itu baru luar biasa

  1. LIONSTAR

    cessssssssssssssss…. 😈

    ternyata speedo ga seakurat yg ane bayangin… klo pake ban standar pasti simpangannya nambah lg, walopun ga banyak πŸ˜†

    cesssss

    Reply
  2. tawon

    susah jalan120km/jam on speedo CS1?wah..pernah malem-malem ngikuti CS1,start bareng begitu lampu traffic ijo,jalan santai,ngikuti sampe ktmu tikungan..CS1 jalan di depan,saya di belakang ngikutin aja..liat di speedo sonic saya jarumnya nunjuk120km/jam dengan kondisi gas masih sisa…klo bener CS1 susah nyampe 120km/jam…penyimpangan speedo sonic saya lumayan banyak ya (_ _”)

    Reply
    1. lovemybike Post author

      kog bisa ya? :s

      waktu pake premium vixionku emang bawahnya lebih enak, tapi putaran atasnya ga seenak waktu pake pertamax, top speed berkurang

      Reply
      1. azizyhoree

        analisa ringan e , gampang , titik nyala premium lebih rendah dari pertamaxx , jadi kenapa tarikan awal nendang , sepertinya campuran BBM premium di ruang bakar menyala lebih awal dari timing api ( pada kasus ini motor e bek kompressi / CR tinggi) tapi high rpm ga se apik pertamaxx * wajar

  3. sijidewe aka snalpot99

    emang susah tembus 120 kpj, soale yg numpak monster :mrgreen:

    punyaku standar gigi 4 pernah 118 kpj, ukuran ban sama, berat badan 67 kg

    Reply
      1. gaplek mania

        punyaku paling pol 107kpj di gear 4.belum ketemu jalan yg nyaman.
        konsumsi bbm 30-35kpl masih irit tigerku dulu 35-40kpl.
        bobot rider 90kg

      2. lovemybike Post author

        nggonmu mas? dudu wee πŸ˜›

        piksone kancaku pas standar gur 120 we ange (tak cobo dewe)l, nggone om yudi iso 135, nggonku 130, padahal bobotku 95 an pas kui, hayoo πŸ˜›

        bedo2 tep an saben motor ki :mrgreen:

    1. lovemybike Post author

      ibaratnya setelah tenaga motor itu mulai mengalami penurunan, masih dipaksakan rpm meraung lebih tinggi, jadinya ketika pindah ke gigi selanjutnya ga ada tenaga buat naikin kecepatan

      Reply
  4. adrian

    secara tidak langsung mengakui juga kalau rider berpengaruh ke top speed.
    coba kalau ridernya mat**s kocak bakalan susah nandingin.

    Reply
    1. makan pagi

      kuk bisa segitu gan ? punya ane udh ganti CDI unlimiter, seker os 50 di RPM skitar 12.500 cuman dapet 97 kpj gear 3 .. hehehe

      Reply
  5. hasan

    berat gue 67 an
    top speed wkt pke cs1 125km/jam tu pun masi mau naek
    tp berhubung jalan da rame jd selu-selu aja d jalan
    ha.

    Reply
  6. dwijef

    pernah coba cs1 2008 punya temen, ngetes pagi-pagi di jalan kosong, top speed dapet 120kpj plus dengkul gemetaran. P135 ku kalah top speed … 116 kpj. padahal cs1 temen pake premium, emang rada boros kalo dibandingin P135. tangkinya kecil pun. fyi, bobotku 67kg. just share. cs1 emang sadis. 100kpj gigi 4, oper gigi 5 masih ngisi tenaganya dan masih bisa naik speed. syerem πŸ˜€

    Reply
  7. frendy

    bray cs1 ane tembus 124kpj. itu rmp mevet 11300. padahal trak 1km .cuma maen stelan mesin.. tp karang m0tor ane udah dikit manja. coz minta di k0lter udah mbeluk walau kagak parah.

    Reply
  8. Victor

    w punya cs1,,,baru pake beberapa bulan,,,rasa penasaran terhadap 125cc mungkinkah,,,hal hasil w tes pagi di jakarta arah bundaran HI,,,tembus hingga 124 jarak 1km 10-11000rpm dg kec.tinggi, gas masih terasa panjang,,,tp lampu merah menanti didepan terpaksa lakukan pengereman,,,

    Reply
  9. Fahri Pedrosa

    salam kenal.gue punya cs 1 thun 2008, pas bru beli gak pernah di test smpe gas abis.maklum ms takut kebut. cm thun 2010 silam gue test jalan mulus tembus 130 km/jam n jalan nurun dikit tembus 135 km/jam.tp pas gue paksa lg, ttap 135 pling tinggi. gg 3 limit di 101 km/jam.gue pke pertamax, oli shall advance dengan mesin standart.bonceng dua aj tembus 125 km/jam.tp klo sekarang da bantat mesinnya. saya test sendirian cm dapat 120 km/jam. tu pun harus nunduk n jalan mulus n agak nurun dikit.

    Reply
  10. joko

    dulu ane pernah punya vixion di pantura gas pool 120km/jam. tiba2 dengan santai disalip ma cs 1. saya alami sendiri…. berarti cs 1 bisa lari lebih dr vixion standar…

    Reply
  11. abraham

    Gua jga punya cs1, rata2 gua bawa lari tu gigi 3, 70.km/jam. Gigi 4, 100.km/jam, gigi 5. 125 dan 130.km/jam,
    Dalam jarak 1.5 kilo cs1 bisa menang lawan FU.
    Maksud gua di jalan lurus.
    CS1 Gua Udh prnah coba’in lawan FU dan hasilnya FU dibelakang ya gk jauh sihh. Cuma 0.5 meter aja. Gua gk bohong ini nyata.

    Reply
  12. Alim

    Pesan buat petinggi Honda untuk CS1 lebih baik di Update atau diganti dengan model yg berbeda daripada mencemarkan nama baik Honda yang mempunyai brand tinggi. Ak sebagai fans Honda merasa kecewa setelah dua motorku sy uji
    yaitu supra X 125 FI dengan CS1 di jalan yg lumayan lurus dengan jarak kurang lebih 3 Km Supra 125 masih bisa mencapai 120kpj namun CS1 hanya mampu mencapai 116 kpj ini benar2 membuat ak kaget. masa CS1 yang ktanya sport kalah dengan supra X 125 FI sy mencoba sarring dengan teman rata2 bilangnya sama. sehingga kismpulanku wajar kalau Supra X laris manis dan Cs1 ya gitulah. buat fans2 Honda jangan pernah percaya dengan kosong kalau belum menyobanya sendiri.

    Reply
  13. Rider tua

    Buat abraham kmu kutantang dengan FU ak yg penting CS1 milikmu masih standar ak punya FU 2011 warnah merah pernah top Speed smpai 148 Kpj. jadi ga usah ngomong yg bukan-bukan silahkan sertakan alamatmu nanti ak datang sekaligus membawa FU klw mo taruhan juga bisa Oke.. sy tunggu.

    Reply
  14. NovaSonicRider

    CS1 itu punya “potensi” yg sadis, mulai dr klep yg gede (kyk sonic jg), sampe venturi karbu yg gede (lebih gede dikit dibanding karbu std FU), sayang desain knalpotnya agak nahan, lubang silencernya kecil banget, lebih kecil dr pd lobang silencer FU atau supra.. Satu lg, kapasitas tangki bensinnya cm 4 literan..

    Reply
  15. suratmin

    Kata siapa cs1 lemot,
    Ane brani taruhan 5jta kalo cs1 memang best one seperti nama nya city sport,
    Ane manggil nya cooooz size 1,
    Ane pernah pake cs1. Standar dan satriaF standar,
    Ane pake cs1 pnya ane sendiri.
    Ane akui FU unggul di gear 1_4
    Tapi cc nya cuma 138nan,
    Tpi punya ane. Pas di gear 1-4 udah sampe ke 143,
    Jadi ane brani taruhan cs1 ane lawan FU,
    Berat ane 69KG,
    Umur ane 15th duduk d smp klz 9

    Pkoknya cs1 memang best one

    Reply

Leave a comment