Test ride New Mega Pro, tarikan galak nih beroo :D


Jujur dari dulu saya penasaran, kayak apa sih performa new mega pro yang digembor-gemborkan para fbh dan blogger. Kebetulan saya punya teman smp, yang kampusnya deket. Baru-baru ini lihat dia bawa NMP ke kampus, yawes. . . di sms aja, pinjem buat test ride 😀

Sejujurnya ini artikel test ride pertama di blog ini, walaupun NMP sendiri sudah lama diluncurkan :mrgreen:

jadi kalo ada kurang-kurangnya mohon diberi saran yang membangun 😀

Fitur

Wah kalo ini ga usah ditanya, honda rajanya, hahaha. Cakram belakang, Speedo digital, SKS (CBR 250 aja ga punya hloowh :mrgreen: ).

Ergonomi

Ergonomi dari motor ini boleh dibilang, mirip kalo naik bebek. . . ya seperti itulah. Stang tinggi dan footstep yang posisinya masih di depan, sepertinya memang bertujuan memberikan kenyamanan untuk penunggangnya. Joknya juga pas keset n empuknya. Ga kayak si Vixi, liciin.  Bener-bener cocok nih motor kalau buat touring.

Cuma mungkin kalo buat saya sih ya, lebih nyaman kalo stang lebih direndahin dikit aja, soalnya kerasa sedikit ketinggian. Jadi buat belok agak rebah terasa kurang nyaman. Mengurangi kekerenan juga :mrgreen:

Handling dan Kestabilan

Motor ini punya kestabilan yang bagus saat digeber di trek lurus dengan kecepatan tinggi, ga ada gejala limbung. Hanya saja persoalannya ada saat menikung. Entah pengaruh sasis atau stang yang terlalu tinggi. Atau mungkin juga udah kebiasaan pake deltabox ya :mrgreen:

Buat nikung agak rebah terasa gejala ngebuang dari ini motor, sedikit ga nyaman sih. Ga bisa sepede waktu dulu bawa cbr atau ninja punya temen. Oke lah mungkin karena pengaruh sasis. Tapi bahkan dibandingin mega pro lawas temen saya pun, masih enak mega pro temen saya buat nikung. No offense ya :mrgreen:

Performa

Menurut saya, ini yang jadi andalan utama mega pro. Bener kata beberapa blog yang sudah bahas dulu. . . Performa NMP ini memang oke. Motor ini sangat responsif waktu digeber, bahkan kalau boleh jujur, tarikan awal menengah vixion kayaknya kalah deh sama ini motor. Maafkan kali ini, aku harus jujur. by kerispatih 😛

Sempet juga tadi ada mas-mas pake pulsar 200. Habis lampu ijo langsung tancap gas, dan mega pro ini juga saya betot gasnya membandingkan performanya dengan pulsar 200. Sampai gigi 3 Mega pro ini mampu menjaga jarak akselerasai dengan pulsar 200 (Pulsarnya jalan duluan 😛 ). Tapi ya cukup sampai disitu aja, Langsung kendorin gas. Males kalau harus alay-alay balapan di jalan. Bukan motor sendiri juga, kalau ada apa-apa berabe :mrgreen:

Untuk putaran atas sih ya tergolong lumayan, tapi vixion masih unggul kalau untuk ini. . . top speed yang diraih di speedo, dengan bobot saya yang 100 kg yaitu 113 km/jam di jarak sekitar 1 kilometer. Mungkin masih bisa lebih, soalnya tadi cuma nyoba sekali. Takut mas bro, jalanan agak rame :mrgreen:

untuk perbandingan saja, di speedo mega pro, gigi 4 maksimal yang bisa dicapai cuma sekitar 100 km/jam, lalu kena limiter. Mungkin pengaruh bobot saya juga. Sedangkan di vixion standar gigi 4 bisa 110 km/jam lebih sedikit. Hanya saja memang speedo NMP ini, sedikit lebih akurat dari speedo analog Vixion . Pembahasan di artikel selanjutnya :mrgreen:

Pengereman

Setelah bahas soal kebut-mengkebut dan performa, apa gunanya kalau motorga bisa ngerem :mrgreen:

Pengereman NMP ini yah bisa dibilang lumayan, not bad. Hanya saja, rem belakangnya pake cakram, kug kurang pakem yak. Bahkan tromol vixion lebih pakem. Beda banget waktu dulu pake FU sampe ngesot 2 kali pake rem belakang 🙄

Yah setidaknya gaya dapet dan maintenance lebih mudah :mrgreen:

Keakuratan speedo dibandingkan dengan GPS

dibahas di artikel lebih lanjut :mrgreen:

KESIMPULAN

Motor ini motor yang baik dari segi performa, dan kestabilan di trek lurus, hanya saja ada beberapa kelemahan di bagian handling dan rem belakang yang kurang pakem.

Performa cocok untuk stop n go, harusnya kalau mau buat street fighter, AHM cukup memakai mesin ini. Tinggal memperbaiki segi handling, mengganti sassis, mempermanis tampilan, mungkin juga menambah injeksi. Ngapain jauh-jauh pakai DOHC, wong dari segi performa, tarikan vixion dah KO kog sama ni motor. Hari gini top speed, jadi the real sentul fighter aja sono :mrgreen:

27 thoughts on “Test ride New Mega Pro, tarikan galak nih beroo :D

  1. vixy182

    tapi kalo sama megapro Yg dulu bukan NMP mksudx kalh tarikan sama vixi pernh ngetes trek pendek :-).kalo sm NMP blm pernah.. Standart vixion gi2 4 emang bisa lebih 110 ,tapi gak tau bedax selisihnya sama yg spedo digital 🙂

    Reply
  2. Segitiga biru

    Nyamannya nggak diragukan, cuma desainnya itu loh coak banget. coak jalan leher knalpot bukan masalah. tapi coakan tempat behel sangat merusak keindahan. tapi shroudnya justru lebay, mending shroudnya dikecilin trus dipake buat nambal coak di buntut

    Reply
  3. LIONSTAR

    adenya cw ane punya NMP.. enak putaran bawahnya… putaran atas vixion lbih megang… buat turing NMP bnr2 nyaman, halus pula lagi… tp klo buat seruntulan ama cornering jelas vixion … :mrgreen:

    Reply
  4. andrewfranicohutasoit

    kenyamanan memang enak bro + mesin halus
    tapi kok ane pernah adu test di jalanan sama NMP (ane vixion) kok putaran bawahnya kalah ya
    padahal saya berboncengan dan dia sendirian
    gak tau kalo jarak jauh ya, soalnya waktu liat speedo udah 80-an km/jm ane langsung turunin gas, maklum boncengan cewek
    spec mesin motor saya standar, sedangkan dia pakai kenalpot racing+anak club megap*ro

    Reply
  5. J_Loman

    andai saja namanya tidak Megapro.

    Honda Dazzler lah atau Unicorn kaya diindia.
    sangat disayangkan namanya musti Megapro, kesannya itu loh….,

    Reply
  6. muhammad arifin

    enakan lagi megi yang lama pake bandul tiger gan,,,,,kaya punya ane,,,ama vixi dia duluan jg brani,,,,,,apa lagi sama bisi,,,,lalap habis,,,,,

    Reply
  7. MK

    Kalo ane pilih NMP karena kenyamanan aja, ndak butuh speed nya tinggi. Di indonesia kecepatan tinggi2 malah ngabisin kampas rem, karena jalanan yg udah penuh sesak, klo sepi pun jg bahaya, banyak orang tua slonong gak lihat kiri-kanan.
    Dan yg enak lagi, BBM irit walau ndak pakai pertamax – Plus/shell super-extra. Ane dari sidoarjo – Pantai Pantai Bajul mati pergi – pulang habisin 35 ribu (7,78 liter), temen pakai suzuki hayate habis 9,7 liter dan sama2 boncengan, ane boncengan lebh besar malah.

    Reply
  8. natalie genjuro

    woy… megapro itu paling top… megapro yg 2008 aja bisa ngalahkan v-ixion… di kec 120 km. gw pake v-ixion adek gw pake megapro kec gw dah 135 km megapro cuma 120 km dah bisa nyalip plus buat jarak… nmp lebih ok baru 110 km aja v-ixion dah teseok-seok wong tiger yg 200 cc yg kakaknya nmp kalah lho… terus nmp beda dengan byson nmp top speednya nyampe 125 km dengan bo2t bdn gw 85 kg. semuanya tergantung rider n perawatan motornya klo rante aja gak ke urus jangan ngarep motor lo mw ngebut… terus oli juga berpengaruh kerutinan ganti oli itu juga faktor…

    Reply
    1. yuhu

      bener tuuhh natalie penipu…

      gak mungkin lah megapro v-ixion bison bisa ngalahin tigi…
      klo scorpio see emg tigi kalah…

      Reply
  9. Yudha

    Salam kenal mas bro..
    mau nambahin sedikit, Rem belakang sengaja di desain kurang pakem mas,
    itu dirancang buat mengatasi gejala ‘panic brake’ dari si pengemudi..

    karena di NMP ini nggak pake sistem ABS kayak CBR 250, jadi kalo pengemudi kaget dan ‘ panic brake’ bisa meleset alias nggelosor motornya 😀

    untuk mengatasi hal-hal yang nggak diinginkan di atas,diameter disc rem sengaja dibuat kecil untuk memperkecil gejala ‘ngepot’ dari si motor (y)

    Reply
  10. rudian

    Nmp compare sm old vixion:
    – gear 1, 2 nmp unggul
    – gear 3, 4 vixion dah bisa menyusul nmp
    – gear 5, percaya gak percaya nmp mulai kembali mendahului vixion n perlahan mulai meninggalkan vixion.
    – trek puanjaangg.

    kesimpulan:
    – akselerasi nmp emang joss, top speed OK, padahal katanya cm 122km/jam on speedo.
    – sayang jelek modelny
    – kl di kemacetan enakan vixion lincah.

    Reply

Leave a comment