Menghitung keakuratan speedometer, tanpa menggunakan GPS


Selama ini, pasti banyak rekan-rekan yang penasaran, sebenarnya berapa sih penyimpangan speedometer di motornya…
nah banyak diantara kita yang biasanya lalu menggunakan aplikasi gps untuk mengukur keakuratan tunggangannya…

namun sebenernya ada cara yang lebih simple dan presisi untuk mengukur keakuratan speedometer, buat yang ga punya gps dan sejenisnya,,, ato yang punya gps di android tapi sinyalnya ga stabil,,, dan tentunya hal ini tetap harus didukung oleh aplikasi di komputer, yaitu gearingcommander…

Image

yup. sebenarnya kecepatan di tiap gear pada sepedamotor adalah fix selama ukuran ban dan gear standar belum diganti,,, ga akan berubah walaupun yang nunggangi itu bobotnya 100 kg, ataupun 50 kg…walaupun motor udah dioprek ataupun belum, maksudnya gimana?

untuk lebih jelasnya…LMB contohkan di old vixion…misalkan kecepatan yang ditunjukkan oleh speedometer vixion pada waktu 5000 rpm di gigi 5 adalah 70 kpj…selama ukuran ban standar, dan juga gear ratio standar… kecepatan ini akan berlaku sama di semua motor vixion, baik yang dioprek, maupun yang dinaikin orang yang bobotnya kek beruang (contohnya LMB :mrgreen: )…kalaupun misalnya ternyata satu motor kog beda sama lainnya gimana? yo berarti bisa disimpulkan kalau salah satu speedonya ada yang ngaco alias rusak, hihihi :mrgreen:

lalu cara membandingkan keakuratan di speedonya gimana sih?? nah, dengan aplikasi gearingcommander ini kita bisa liat sebenarnya berapa kecepatan vixion di rpm 5000

Image

nah, bisa dilihat pada gambar bahwa kecepatan vixion yang sebenarnya pada 5000 rpm di gigi 5 adalah 64,1 kpj

jadi misalkan kecepatan yang ditampilkan di speedo vixion adalah 70 kpj, maka selisih penyimpangannya pada saat itu bisa diketahui yaitu sebesar 5,9 km/jam atau sekitar 8,4 %

gimana dengan top speed? dari yang LMB ketahui, saat dicek di diagnostic tools sebenarnya rpm dari vixion dilimit pada 10.000rpm… pada gearing commander sendiri dapat dilihat bahwa kecepatan maksimum yang mungkin dicapai vixion pada rpm tersebut adalah kisaran 128 kpj

Jadi gimana kalau ada pengendara old vixion yang punya limiter standar (10.000 rpm), dengan gear ratio dan ukuran ban bawaan pabrik yang ngaku-ngaku top speednya bisa nyampe 150 kpj?? yo dipastikan kui ngibulnya TERLALU :mrgreen: .
Sayangnya aplikasi gearing commander ini belum menampilkan semua jenis motor yang ada di indonesia,,, yup, belum ada CB150 gan…hehehe…tapi monggo dicoba saja, barangkali model motor yang ada dirumah tersedia di aplikasi ini… πŸ˜€

oke sekian dulu, kalau ada kesalahan LMB minta maaf dan monggo dikoreksi,,, πŸ˜€

see ya on next article πŸ˜‰

sumber gambar dan info: http://www.gearingcommander.com

17 thoughts on “Menghitung keakuratan speedometer, tanpa menggunakan GPS

  1. pak tarno

    nah ini yg jadi ribet.
    masalahnya akurasi TACHOMETER juga gak semuanya akurat.
    mungkin yg akurat tacho digital di bengkel resmi yg dijepitin ke kabel busi itu.
    tachometer juga punya simpangan bro.
    jadi untuk patokan akurasi speed pada realnya tetep perlu GPS.
    .
    coba deh kalo lagi iseng tes RPM pake tacho bengkel sama tavho motor.
    di rentang 8000an RPM pasti keliatan bedanya. :p
    .
    apa cuma motor saya aja yg begini atau motor lain juga???

    Reply
      1. pak tarno

        kadang di RPM tinggi penunjukan jarum RPM suka ngasih bonus bro.
        apa cuma punya saya saja yg begini? hahaha….

      2. lovemybike Post author

        Iya sih,,ga cuma motor situ kog pak…di vixion juga walaupun tachometer nunjukin angka 10.500 di speedo…pas di dyno biasanya max cuma 10.000…hmm, ya mungkin memang harus pake gps sih…tapi kalau gps hp biasanya sinyal pengaruh banget…kadang perlu mantengin dulu di kecepatan itu untuk dapet hasil yang real …kalo kecepatan rendah sih gapapa…tapi kalo manteng di100 kpj keatas ya agak bahaya :mrgreen:

      1. nbsusanto

        beberapa input ra akurat ik..misale shogun 125 ki nganti 10 ewu rpm og piye.. banter bianget.. -_-
        yo wajar sih soale kan setiap orang anggere aplot data iso ditampilke ning kono..

Leave a comment